BE PROMOTED HERE
ads_box ads_box ads_box ads_box Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
OBJEK WISATA KARAWANG

BENDUNGAN WALAHAR (PARISDO)


Bendungan Parisdo atau Walahar sesuai dengan nama desa bendungan ini berada, adalah bendungan yang dibuat oleh kolonial Belanda pada masa penjajahan dulu tahun pasti peresmian Bendungan tersebut adalah pada tahun 1925.

Adapun Belanda membangun bendungan Walahar tersebut adalah tujuannya untuk mengatur pengairan sawah - sawah yang ada di sekitar. Sudah pasti dapat kita baca apa maksudnya dong ...??? pastinya dia akan memproduksi padi/beras secara besar - besaran dengan tenaga kerja yang gratis ...tis ..... tis .... Yah tentunya dalam pelaksanaannya pengolahan sawah otomatis Belanda akan memanfaatkan tenaga pribumi orang Karawang. Hafal dong teori RODI nya Belanda. Semua rakyat Indonesia tak hanya sumber daya alamnya saja yang diperas tak bersisa, bahkan sampai tenga dan darahnya bahkan nyawanya pun turut di rampas. HMMMMMMH menulis postingan ini jadi agak sedikit sensi nih, anyway itulah masa lalu

Upz jadi nyasar nih, kembali lagi ke Walahar .... sobat Karawang ..... Pembangunan Bendungan walahar juga tujuannya yaitu untuk menahan banjir di wilayah utara kabupaten Karawang dan tak hanya untuk mengairi persawahan di sekitar Karawang saja, namun juga untuk mengairi persawahan di wilayah Subang juga. Bingung kan .... ??? entahlah,, tapi begitulah yang tertulis dalam sejarah yang di launching oleh PEMDA Karawang. 

85 tahun telah berlalu, Kini Bendungan Walahar masih berdiri dengan kokoh, walau belum mengalami perbaikan dan rehabilitasi yang berarti. Memang kalau diperhatikan, Bendungan Wlahar masih amat tangguh dan jagoan dalam menahan laju air kiriman dari Waduk Jati Luhur. Perbaikan hanya sebatas pengecatan saja. Bendungan ini bahkan sempat dikabarkan jebol oleh media - media luar Karawang yang mendapat berita baru dari katanya,, pada kenyataannya hanya pintu nomor 1 saja yang sedikit terdorong air, namun tidak begitu berpengaruh, dan kini telah diperbaiki dengan tempo yang tidak lama.
Suasana di sekitar Bendungan Walahar akan terasa sejuk dan damai, betapa tidak di sana terdapat beberapa pohon yang konon umurnya lebih tua dari Bendungan Walahar itu sendiri, dengan pohon yang menjulang dan dihiasi daun yang sangat lebat sehingga mampu menaungi dan meneduhkan serta menyegarkan alam sekitar Bendungan Walahar.  Hempasan air yang meluncur terjun dari bendungan, angin yang bertiup sepoi - sepoi, dan suasana yang tenang cukup membuat suasana sekitar Bendungan Walahar terasa damai dan tenang. Maka Tak heran jika tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat beristirahat sekedar melepaskan penat dan kebisingan kota. Apalagi bagi para remaja yang sedang dilanda jatuh cinta tak sedikit yang berkunjung ke sini. Selain di bendungan walaharnya, sepanjang jalan menuju arah bendungannya banyak ditemukan tempat yang teduh yaitu di sepanjang aliran irigasi.

Aneka jajanan dan warung - warung kecil, turut menyemarakkan bendungan walahar ini. Tak hanya itu wisata kulinerpun akan dapat ditemui di tempat ini. Dan salah satu menu andalan yang konon membuat pengunjung luar kota karawang ketagihan adalah pepes jambal H. Dirja. Bahkan salah satu stasiun TV nasional pernah menayangkan kemasyhuran menu andalan tersebut. Berkunjung ke Walahar dijamin takkan menguras kantong anda begitu dalam, karena selain muantabs abees, makanan - makanan yang dihidangkan cukup murah. Penasaran ... ?????? silahkan kunjungi langsung Bendungan Walahar.

Lokasi Bendungan Walahar : Di Desa walahar Kecamatan Klari
Jarak : 10 km dari pusat kota Karawang

Lihat Foto - Foto Walahar Klik di sini, Download



JADI JUTAWAN GAK PERLU DUIT BANYAK, KLIK LAYANAN JUTAWAN DI BAWAH

PERCAYALAH....!!! IKLAN INI BUKAN PENIPUAN,
Template by : Kendhin x-template.blogspot.com